Selasa, 07 April 2015

Review Film 7 Misi Rahasia Sofie

Penulis : Muhammad Nur Fadhila

Kelas : XI MIA 3

Merubah Diri Via Sosmed


    Film "7 Misi Rahasia Sofie" ini merupakan film yang bergenre drama yang sasarannya lebih dikhususkan untuk remaja. Film ini tayang di bioskop pada tanggal 6 Februari 2014 silam. Film ini disutradarai oleh Billy Christian. Tokoh-tokoh utama dalam film ini dibintangi oleh Stefan William (Marko), Alisia Rininta (Sofie), Pamela Bowie (Imel). Film ini terinspirasi dari salah satu sosial media yang sudah terkenal di dunia maya yaitu "Youtube".



    Sofie adalah seorang remaja yang memiliki sebuah keluarga yang harmonis dan tinggal bersama ayah, ibu, dan kedua adiknya. Sedangkan, Marko hanya tinggal bersama ibunya, karena ibunya telah bercerai dengan ayah Marko beberapa waktu lalu. Mereka berdua sering menghabiskan waktu bersama layaknya dua orang yang saling bersahabat.

    Secara umum, film ini menceritakan tentang seorang remaja bernama Sofie (Alisia Rininta) yang sering kali mengunggah "Tips of the Day" ke Youtube. Namun, sahabat Sofie yang bernama Marko (Stefan William) suka meledek Sofie serta orang-orang yang eksis di dunia maya adalah orang yang egois dan narsis. Karena pada umumnya seseorang yang menunggah dirinya ke sosial media pada dasarnya mementingkan dirinya sendiri atau juga bisa juga disebut "Semua Tentang Saya". Untuk membuktikan bahwa pernyataan Marko itu salah, Sofie akhirnya mengajak Marko untuk melakukan 7 misi yang didedikasikan untuk menolong orang lain. Seiring berjalannya misi tersebut, Marko merasa ada sesuatu dibalik 7 misi yang dibuat Sofie tersebut. Namun, Sofie tidak memberi tau Marko tentang apa yang ada dibalik misi tersebut.

    Salah satu dari misi-misi yang dilakukan Sofie dengan sahabatnya Marko ialah membantu masalah yang dihadapi Imel (Pamela Bowie), seorang remaja yang tinggal tidak jauh dari apartement milik keluarga Sofie. Keluarga Imel membawa neneknya ke sebuah panti jompo, mereka menganggap bahwa di panti jompo tersebut nenek Imel akan hidup tenang dan tidak kesepian. Pada kenyataannya, justru sebaliknya. Akhirnya, Sofie dibantu dengan sahabatnya Marko ingin mencoba untuk menyadarkan keluarga Imel yang telah memasukkannya ke panti jompo tersebut. Ternyata, usaha Sofie dan Marko tidak sia-sia. Mereka berhasil menyadarkan keluarga Imel dengan merekam kegiatan yang dilakukan nenek Imel di panti jompo.


    Sebelum menyelesaikan misi yang terakhir, Sofie jatuh sakit. Sofie telah lama mengidap penyakit kanker pankreas. Akhirnya, sebelum 7 misi itu selesai, Sofie meninggal dunia disebabkan penyakitnya tersebut. Sofie berwasiat kepada sahabatnya Marko untuk menyelesaikan misinya yang terakhir, yaitu menunggah videonya ke Youtube dan memberi tau bahwa Sofie sudah pergi dan memberikan arti sesungguhnya dari kata "maaf" kepada banyak orang. Sofie juga berwasiat kepada Imel untuk menjadi pengganti dirinya untuk Marko. Akhirnya, pada saat itu Marko menyadari sesuatu yang ada dibalik misi-misi Sofie tersebut. Yaitu untuk membuat Marko menjadi pribadi yang lebih baik, karena 7 misi itu diibaratkan sebagai 7 sifat buruk yang dimiliki Marko yang akan dirubah oleh Sofie melalui misi-misi tersebut.

    Keseluruhan dari film ini sudah bagus. Film ini juga memiliki kualitas gambar yang tidak kalah bersaing dari film-film remaja sejenis lainnya. Alur ceritanya pun tidak membosankan dari awal sampai akhir cerita, hal ini dikarenakan misi-misi yang dilakukan Sofie tidak terduga dan "Unpredictable". Akting yang dilakukan para pemeran juga sudah baik. Film ini menawarkan banyak emosi kepada para penontonnya, mulai dari Senang, penasaran, sampai sedih. Hanya saja, film ini terlalu mengkhususkan para remaja, lebih khusus lagi remaja putri.

    Kesimpulan dari paparan diatas ialah bahwa film "7 Misi Rahasia Sofie" adalah film bergenre drama remaja yang menceritakan tentang dua orang sahabat yang biasa menunggah video ke Youtube untuk menolong orang-orang. Film ini memiliki gambar yang bagus dan alur yang tidak membosankan, serta akting yang baik dari pada pemerannya.

Sekian dan Terima Kasih

Diambil dari beberapa sumber.

Artikel Terkait

1 komentar: