Sabtu, 15 Februari 2014

7 Manfaat Jintan Hitam (Habbatussauda)

Jintan Hitam atau bisa juga disebut dengan Habbatussauda merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai obat. Tanaman ini juga disebutkan di dalam Hadits :
Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW Bersabda :
"Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut" (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Tirmidzi)
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang beberapa manfaat yang terkandung di Habbatussauda ini.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Habbatussauda mampu meningkatkan sel-sel pembunuh Virus maupun bakteri merugikan. Menurut Prof.G.Reimuller (Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich) mengakui bahwa Habbatussauda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan hal ini, maka habbatussauda sangat bermanfaat bagi penderita kanker dan AIDS.

2.  Meningkatkan Fungsi Otak

   Habbatussauda mengandung zat Linoleat (Omega 6) dan Linolenat (Omega 3). Kedua zat tersebut berguna untuk menutrisi sel otak sehingga otak akan lebih cerdas dan dapat memperkuat daya ingat. Habbatussauda juga akan memperlancar aliran darah ke otak. 
Maka dari itu, Habbatussauda juga cocok diberikan kepada anak pada usia pertumbuhan dan lansia.

3. Menetralkan Racun Dalam Tubuh
   
   Habbatussauda mengandung zat Saponin yang dapat menetralkan segaligus membersihkan racun yang terkandung di dalam tubuh. racun-racun ini jika tidak dinetralkan dan dibersihkan akan mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh dan akan merusak organ-organ dalam tubuh seperti hati, jantung, ginjal.
4. Mencegah Penyakit Serangan Jantung
   Ekstrasi dari Habbatussauda memperlihatkan ciri-ciri mencegah penyakit jantung, mengurangi resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung sekaligus menyehatkan kesehatan jantung.

5. Mengatasi Gangguan Tidur dan Stress
 Selain untuk menetralkan racun, Saponin yang terdapat di Habbatussauda juga memilik fungsi seperti kartikosteroid yang dapat mempengaruhi fungsi otot, ginjal, jantung, serta syaraf yang akan berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan serta dapat mengatasi gangguan tidur dan stress.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan
    Selain mengandung Saponin, Habbatussauda juga mengandung minyak atsiri dan volatil. Kedua minyak tersebut bermanfaat untuk memperbaiki sekaligus memperlancar sistem pencernaan. Minyak tersebut juga dapat mengobati penyakit diare. Menurut jurnal farmasi di Pakistan, minyak yang terkandung di dalam Habbatussauda lebih efektif membunuh bakteri E.Coli dibandingkan antibioktik seperti Amphicilin.

7. Anti Histamin (Asma)
  
   Histamin adalah suatu zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang akan menyebabkan reaksi alergi seperti pada Asma. Pada Habbatussauda terdapat minyak Volatil, senyawa yang terdapat dalam minya volatil ini disebut dengan Nigellone. Pemberian minyak ini berdampak positif pada penderita asma. Seorang ahli imunologi dari Universitas Munich Dr.Med Peter Schleincher melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap serbuk, jerawat dan asma sembuh setelah diberi minyak nigella (Habbatus sauda).

Sekian Postingan Saya Pada Kesempatan Kali Ini. Apapbila ada sedikit ataupun banyak kesalahan, mohon dimaafkan. Terima Kasih.

"Semoga Bermanfaat" 

Artikel Terkait 7 Hal

2 komentar:

  1. Nice info banget gan, sebelumnya ane ga tau jintan hitam itu apa. Tapi setelah baca blog agan ane jadi tau hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan .. Kunjungan agan sangat berharga disni :D

      Hapus