Selasa, 04 Februari 2014

Manfaat "7" Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Sholat merupakan salah satu rukun Islam, yaitu rukun Islam ke-2. Sholat juga merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam dan jika ditinggalkan akan berdosa. Sholat pun mempunyai manfaat yang dapat dilihat dari 2 segi pokok, yaitu segi Rohani dan Segi Jasmani. Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari segi rohani adalah "mendapat ketenangan".
Pada kesempatan kali ini, saya akan memposting apa saja manfaat yang didapatkan dari sholat jika dilihat dari segi jasmani (kesehatan fisik) yang dilihat dari gerakan-gerakan sholat.

  1. Manfaat Takbiratul Ikram

Posisi  : Berdiri Tegak => Mengangkat kedua tangan Sejajar dengan telinga atau bahu => Bersedekap di depan dada atau perut

Manfaat : Melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan memperkuat otot lengan. Saat berdiri tegak, posisi jantung tepat dibawah otak, hal ini memungkinkan aliran darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Saat kedua tangan diangkat, otot bahu akan meregang, hal ini juga untuk membantu memperlancar aliran darah. Kemudian kedua tangan bersedekap di atas dada atau perut, sikap ini memungkinkan untuk mencegah penyakit persendian.

  2. Ruku'
Posisi : Badan membungkuk hingga tulang punggung sama rata dengan kepala. Kedua telapak tangan diletakkan di lutut. Posisi ruku' yang sempurna dapat dilihat jika di punggung dapat diletakkan segelas air.

Manfaat :  Menyempurnakan tulang belakang, sekaligus mencegah penyakit dibagian tulang belakang. Posisi jantung sejajar dengan posisi otak, hal ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan akan maksimal pada bagian tengah tubuh. Ruku' juga dapat mencegah penyakit prostat, karena proses pelurusan tulang belakang pada gerakan ruku' ini akan menekan ginjal dan kandung kemih yang akan memperlancar kemih.



3. I'tidal

Posisi :  Kembali tegak sesudah mengangkat kedua tangan (sama seperti saat takbiratul ihram) dan pandangan mengarah ke sajadah

Manfaat : Baik untuk melatih organ pencernaan. Organ - organ pencernaan akan mengalami pemijatan dan pelonggaran yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

4. Sujud


Posisi : Badan menungging dengan meletakkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan ujung jadi ketanah (Sajadah). Jika salah satu bagian yang disebutkan tadi tidak menyentuh tanah (Sajadah), maka sujud itu tidak sempurna.

Manfaat : pada saat sujud, posisi otak lebih rendah daripada organ lainnya termasuk jantung. Hal ini bermanfaat pada daya pikir seseorang, karena akan melancarkan aliran darah yang kaya oksigen ke otak. Sujud juga dapat mencegah sakit kepala seperti migrain dan dapat pula melegakan pernapasan. Sujud juga dapat mengurangi kegemukan (Obesity).

5. Duduk Iftirasy ( Duduk diantara 2 sujud)

Posisi : Duduk dengan menduduki kaki kiri, kemudian kaki kanan bertumpu dengan ujung jari. telapak tangan diletakkan diatas paha.

Manfaat : Duduk seperti ini mencegah penyakit nyeri yang timbul di pangkal paha yang membuat si penderita sulit berjalan.

6. Duduk Tawarru' ( Duduk Tahiyat akhir)


Posisi :  duduk dengan kaki kiri dihamparkan kesamping kanan dan duduk diatas lantai. Kaki kanan bertumpu dengan ujung jari.

Manfaat : Dapat mencegah impotensi, mencegah gangguan pada ureter, uretra, kandung kemih, dan Vas deferens. Dapat pula mencegah kelenturan dan kekuatan organ kaki.

7. Salam


Posisi : Gerakan Memutar kepala kekanan lalu kekiri

Manfaat : Mengencangkat kulit wajah. Merelaksasikan otot leher dan kepala sehingga dapat mencegah sakit kepala dan melancarkan aliran darah di kepala.

Ini hanya sebagian kecil manfaat yang dapat diterima, karena masih banyak lagi manfaat yang dapat diberikan dari gerakan-gerakan sholat.

Sekian Postingan yang saya berikan hari ini. Kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

" Semoga Artikel ini Bermanfaat "





Artikel Terkait 7 Hal ,Islamic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar